Pengertian Pasar Monopsoni, Monopoli, Oligopsoni, dan Oligopoli beserta Contohnya

PASAR MONOPSONI Pasar Monopsoni termasuk jenis pasar yang pembelinya menguasai pasar tersebut, dimana satu pembeli tersebut menguasai...


  • PASAR MONOPSONI
Pasar Monopsoni termasuk jenis pasar yang pembelinya menguasai pasar tersebut, dimana satu pembeli tersebut menguasai seluruh penjualan di dalam pasar tersebut. Pelaku usaha (pembeli)  berperan sebagai penerima atau pembeli tunggal dari seluruh barang atau jasa yang disediakan dari beberapa penjual yang ada di pasar tersebut.

Faktor yang menyebabkan keadaan Monopsoni ini adalah dikarenakan penjual yang sudah kehilangan banyak pembeli - pembelinya dikarenakan beberapa alasan - alasan tertentu, dan juga faktor susahnya meraih tempat para penjual penjual, serta faktor biaya penjualan yang tinggi jika penjual menjual barang atau jasa di daerah dekat dengan pusat kota. hal ini yang menyebabkan pasar Monopsoni terjadi, satu pembeli akhirnya yang menguasai pasar tersebut dan penjualnya bergantung sekali pada satu pembeli tersebut.

Melihat hal ini, pastinya pasar Monopsoni memiliki ciri - ciri yang menonjol dan membuat pasar Monopsoni berbeda dari pasar - pasar lainnya. yaitu:
  1. Dikarenakan pembeli menguasai pasar tersebut, maka pasar Monopsoni Hanya memiliki satu Pembeli
  2. Di pasar tersebut, seringkali pembeli selalu memberikan harga yang sangat jauh dari rencana harga yang sudah ditetapkan oleh penjual penjual tersebut. Oleh karena itu, pasar Monopsoni Sangat Sering Terjadi Perselisihan antara para Penjual dan Pembeli
  3. Harga Ditentukan Oleh Pembeli dikarenakan pembeli adalah penguasa pasar tersebut
  4. Pastinya, para penjual di pasar Monopsoni mendapatkan Pendapatan yang tidak merata dikarenakan penjual tidak dapat menentukan harga
  5. Produk yang diperjual belikan merupakan Barang Mentah
Contoh pasar yang paling menonjol adalah pasar pasar hasil perkebunan yang berada di pelosok seperti pasar kopi, pasar daun teh dan lain lain
  • PASAR MONOPOLI
Pasar Monopoli sangatlah terbalik dari pasar Monopsoni, Pasar Monopoli merupakan pasar dimana penjual lah yang menguasai pasar, dikarenakan seluruh penawaran dari para pembeli di kuasai oleh hanya satu penjual karena barang atau jasa tersebut hanya ada di satu penjual tersebut. pasar Monopoli berasal dari bahasa yunani yaitu monos yang berarti satu dan polis atau polein yang berarti penjual. jadi dapat disimpulkan bahwa pasar Monopoli adalah pasar dimana hanya ada satu penjual dan penjual lah yang menentukan harga dan menentukan banyak sedikitnya barang atau jasa yang akan ditawarkan ke konsumen. penjual atau penentu harga barang disebut Monopolis.

Faktor yang membuat Pasar Monopoli terjadi adalah tidak adanya barang pesaing atau tidak adanya barang atau jasa yang menyerupai barang atau jasa sehingga 1 penjual akan menguasai pasar tersebut dengan pembeli yang sangat banyak. Namun, ada faktor lainnya yang menyebabkan pasar tersebut terjadi. Yaitu:
  1.  Barang atau Jasa yang ditawarkan kepada pembeli termasuk barang/jasa yang unik, yang tidak bisa ditiru oleh produsen atau penjual barang atau jasa lainnya
  2. Memiliki banyak dana dan kecil kemungkinan mengalami kebangkrutan
  3. Pemerintah berperan sebagai pelindung perusahaan melalui Undang - undang sehingga penjual tidak perlu khawatir akan ancaman dari luar perusahaan
Pasar Monopolis memiliki banyak jenis - jenisnya, Jenis - jenis pasar Monopoli adalah sebagai berikut:
  • Monopoli Karena Alam
Monopoli ini terjadi karena faktor alam yang sangat mendukung dan sangat unik dibandingkan dengan faktor alam yang lain, faktor ini dapat terjadi karena alam sekitar perusahaan Monopolis terbentuk oleh iklim dan aktivitas - aktivitas di lingkungan tertentu. contoh yang paling terlihat adalah PT. Freeport yg berada di Papua
  • Monopoli Karena Masyarakat
Monopoli ini terjadi karena kepercayaaan yang tinggi dari masyarakat akan  perusahaan Monopolis tersebut. contohnya adalah PT. Pos Indonesia  yang sudah dipercaya masyarakat sebagai Perusahaan Surat Menyurat terbesar dan terpercaya pada saat teknologi surat menyurat masih belum maju
  • Monopoli Negara
Monopoli ini dibentuk oleh negara dengan harapan agar dapat membantu selalu masyarakat yang berada di negara tersebut dan sangat penting keberadaannya. contoh yang paling menonjol adalah PT. PLN memonopoli dalam hal ketenagalistrikan
  •  Monopoli Karena Hak Cipta
Terjadi karena orang lain tidak dapat meniru atau menyerupai produksi dari perusahaan Monopolis tersebut.

Ciri - ciri yang sangat terlihat dari pasar Monopoli adalah sebagai berikut:
  1. Satu penjual menguasai  pasar dan mengatur harga
  2. Perusahaan lain tidak dapat menyaingi ataupun meniru perusahaan Monopoli
  3. Perusahaan Monopoli dijaga oleh Undang -undang
  4. Sudah dikenal di masyarakat dan tidak perlu adanya pengiklanan
  5. Konsumen terpaksa selalu membeli barang/jasa dari perusahaan tersebut dikarenakan sudah tidak ada lagi perusahaan yang lain yang memproduksi barang/jasa yang sama
  • PASAR OLIGOPSONI
Kali ini kita beralih ke Pasar Oligopsoni, Pasar Oligopsoni adalah pasar dimana terdapat beberapa pelaku usaha di pasar tersebut, namun tetap menjadi pembeli tunggal barang/jasa di pasar tersebut. Pembeli yang berkuasa pun lebih dapat menentukan harga pasar barang/jasa tersebut.

Ciri - ciri yang sangat terlihat dari pasar Oligopsoni adalah para pembeli tidak hanya sembarang pembeli biasa, namun para pembeli yang mempunyai dana yang besar. namun ada ciri - ciri lain yang ada di pasar Oligopsoni yaitu:
  1.  Pasar Oligopsoni Terdapat Beberapa Pembeli, pembeli menjadi seseorang yang sangat penting dalam menentukan harga pasar, tetapi tetap ada batasannya agar selalu menjaga stabilitas harga barang/jasa di pasar tersebut. Kecil kemungkinan pembeli akan semaunya dalam menentukan harga, karena jika salah satu pembeli dengan semaunya berbuat apapun, otomatis pembeli ini akan kalah oleh pembeli yang lain.
  2. Ciri khas pasar ini adalah Produk yang dijual adalah Bahan - bahan Mentah, para pembeli membeli lalu megolah untuk terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Oleh karena itu, para pembeli biasanya Didominasi Oleh Distributor. para pembeli menjual kembali dan tidak dikonsumsi secara langsung.
  3. Harga Cenderung Stabil dan Pendapatannya Merata ke seluruh Penjual
  4. Ciri khas yang menonjol lainnya adalah Barang yang dijual Sama karena memanfaatkan kekayaan alam sekitar pasar oleh seluruh pedagang pasar tersebut.
Contoh dari pasar Oligopsoni adalah Pasar Bahan Baku Kue di Jatinegara Jakarta.
  • PASAR OLIGOPOLI 
Pasar Oligopoli adalah pasar dimana terdapat beberapa penjual (lebih dari satu) yang menguasai pasar tersebut dengan pembeli yang banyak, jadi penjual di pasar Oligopoli adalah orang yang berkuasa di pasar tersebut, sangat berbeda dari pasar oligopsoni. Penjual adalah peranan penting dalam menentukan harga pasar barang/jasa yang dijual di pasar tersebut. Pasar Oligopoli berasal dari bahasa yunani yaitu oligos yang berarti banyak dan polis atau polein yang berarti penjual, jadi dapat disimpulkan bahwa Pasar Oligopoli adalah pasar yang penjualnya lebih dari satu, dan penjual dapat menguasai pasar tersebut. Tidak jarang persaingan antar perusahaan Oligopoli sering terjadi, perusahaan yang berkuasa pasti selalu mencari cara untuk menjauhkan diri dari pesaingnya dengan cara mengiklankan produk barang/jasa agar para konsumen tidak berpindah hati dari perusahaan tersebut. Inovasi dan Kreativitas menjadi acuan utama perusahaan dalam persaingan didalam pasar Oligopoli.

Ciri - ciri yang selalu menjadi ciri khas dari pasar Oligopoli adalah:
  1. Barang yang dijual sulit dibedakan karena beberapa aspek tertentu, akan dibahas di jenis - jenis pasar Oligopoli setelah ciri - ciri Pasar Oligopoli ini
  2. Hampir seperti pasar monopoli, Produsen - produsen baru tidak mudah untuk masuk kedalam pasar Oligopoli
  3. Karena persaingan atar perusahaan sangatlah ketat, Pasar Oligopoli Memiliki harga yang sama atau mendekati Perusahaan yang namanya besar di pasar tersebut
Pasar Oligopoli Memang sangat terlihat disekitar kita, sudah banyak orang - orang yang tahu tentang pasar Oligopoli. Namun tidak banyak yang tahu jenis - jenis pasar Oligopoli. Untuk itu, kali ini kita akan membahas jenis - jenis pasar Oligopoli. yaitu:

  • Pasar Oligopoli Murni, adalah jenis pasar yang sulit dibedakan jenis barang/jasa yang dijual oleh perusahaan - perusahaan  dikarenakan produk yang dijual sama dan sulit dibedakan dalam aspek bentuk dan kualitas, namun dapat dibedakan melalui merk barang/jasa tersebut. contohnya adalah Perusahaan - Perusahaan Penjual Air Minum Mineral
  • Pasar Oligopoli Terdiferensiasi, adalah jenis pasar yang sulit dibedakan kualitasnya, namun masih dapat dibedakan dari segi bentuk (corak) dan merk dari produk yang dijual. Contohnya seperti Perusahaan - Perusahaan Penjual Laptop yang dapat dibedakan dari bentuk dan merknya
Alhamdulillah Seluruh Topik sudah kita selesaikan, penulis berharap semoga artikel ini selalu membawa manfaat dalam ilmu pengetahuan masyarakat. Penulis pun menyadari bahwa artikel ini perlu ditingkatkan dan perlu disempurnakan kembali, untuk itu penulis berharap kritik dan sarannya agar artikel ini dan artikel selanjutnya dapat selalu membawa manfaat bagi pembaca. Terimakasih Assalamualaikum Wr. Wb.

Referensi


You Might Also Like

0 comments

Follow IG @haidarfaqihfadhilah