5P dan 7P itu apa sih?

https://www.blinqdigital.com/wp-content/uploads/2017/08/Konsep-Pemasaran-Manajemen-yang-Terbaik.png Banyak masyarakat sama sekali tida...

https://www.blinqdigital.com/wp-content/uploads/2017/08/Konsep-Pemasaran-Manajemen-yang-Terbaik.png

Banyak masyarakat sama sekali tidak mengetahui apa itu 5p ataupun 7p, padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui dalam kegiatan usaha atau bisnis. sebelum kita langsung ke topik, kita akan membahas tentang Marketing Mix (Bauran Pemasaran).

Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
  • Pengertian 5P
5P adalah taktik marketing yang dapat di gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market perusahaan. 5P ini dapat di kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix.

Bagian Bagian Dari 5P
  • Place (tempat)
Place adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.

  • Promotion (promosi)
Promotion adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
  • People (orang)
People adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam penyajian produk dan jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli.

Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian produk dan jasa.
  • Price (harga)
Price adalah adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan.
  • Product (produk)
Product adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.

Itulah bagian bagian dari 5P, Lalu sekarang kita akan beranjak ke 7P
  • Pengertian 7P
Bauran pemasaran ini semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi place, product, promotion, dan price (4P), namun juga meninjau dari segi place, people, process, dan physical evidence yang selanjutnya dikenal dalam istilah bauran pemasaran jasa sebagai 7P.

Konsep ini nantinya disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan melaksanakannya, namun secara umum, konsep 7P ini (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence) digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran.

Bagian Bagian Dari 7P
  • Product adalah merupakan produk atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konusmen, memberi manfaat untuk konsumen, dan memuaskan konsumen.
  • Price adalah Proses managing yang sangat krusial karena menyangkut keuntungan, pendapatan dan biaya biaya yg dikeluarkan. Harga harus sesuai dengan harga pasar suatu produk yg ditawarkan, dan juga strategi dalam penentuan harga sangat dibutuhkan sekali.
  • Place, Jangkauan tempat menjadi suatu yang harus dipertimbangkan secara matang, tempat-tempat yang strategis tentu memiliki peluang akses publik yang lebih baik, namun biaya sewa rental dari tempat tersebut juga harus diperhitungkan sebagai konsekuensi dari kemudahan akses ke konsumen.
  • Promotion adalah penentuan strategi dalam pemromosian suatu produk, hal yg satu ini pun harus diperhatikan karena dengan adanya strategi promosi yang bagus dan menarik, produk akan mudah diketahui oleh konsumen.
  • People adalah sumber daya manusia, merupakan hal yg diperhatikan secara matang karena perusahaan dengan karyawan yang memiliki wawasan yang luas dan berkinerja tinggi, konsumen akan senang dan akan sering menggunakan produk yg ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
  • Process adalah Proses atau Aktivitas Bisnis, yang layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan, seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
  • Physical Evidence atau Bukti Fisik Perusahaan adalah hal hal yang menyangkut bentuk fisik suatu perusahaan seperti bangunan untuk penggunaan kegiatan operasional, lingkungan sekitar perusahaan, alat alat yang digunakan untuk kegiatan opersasional, logo perusahaan, dan lain lain.
Itulah Bagian Bagian dari 7P, sekarang kita akan menuju ke perbedaan 5P dan 7P
Perbedaan 5P dan 7P adalah
  • 5P merupakan penyempurnaan dari 4P  (place, product, promotion, dan price). Tetapi, akhirnya ditambah aspek people dikarenakan people termasuk hal penting dalam keberlangsungan kegiatan pemasaran suatu perusahaan.
  • Namun pada akhirnya, 5P di sempurnakan kembail menjadi 7P yang ditambah dengan procces dan physical evidence.
Alhamdulillah Akhirnya kita menyelesaikan Topik ini, jangan lupa tinggalkan komentar untuk bertanya.

  • Referensi




https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ (diakses pada tanggal 09 November 2018 jam 22.00)

You Might Also Like

0 comments

Follow IG @haidarfaqihfadhilah