Apa Itu Fintech? dan Contohnya?

Kalian masih bingung dengan istilah Fintech? Artikel ini InsyaAllah akan membantu pembaca mengetahui apa itu Fintech sampai mengerti d...


Kalian masih bingung dengan istilah Fintech? Artikel ini InsyaAllah akan membantu pembaca mengetahui apa itu Fintech sampai mengerti dan memahaminya. Sebelum kita mengetahui tentang pengertian dan jenis jenis Fintech, yuk kita lihat sejarah Fintech!
  • Sejarah Fintech
Perkembangan dunia digital salah satunya kemajuan di bidang komunikasi menjadi faktor utama terbentuknya startup yang bernama Fintech, Fintech di dunia digital diawali dengan kemajuan teknologi dibidang keuangan, perkembangan komputer dan internet tahun 1966 membuat para pengusaha finansial memiliki peluang baru dan sangat besar untuk mengembangkan bisnis mereka secara internasional dan mendunia.
Awal mula tercium aroma Fintech berkembang berawal di era 1980, bank mulai menggunakan sistem pencatatan data yang dapat diakses dengan komputer dengan mudah. tahun 1982, E-Trade membawa Fintech menuju perkembangan yang lebih luas dengan memperbolehkan sistem perbankan secara elektronik untuk para investor. Dengan bertumbuhnya internet dengan sangat teramat pesat, pada tahun '90an, model finansial E-Trade semakin ramai digunakan seperti situs - situs Brokerage saham Online yang memudahkan investor menanam modal mereka.
Menariknya, usaha Fintech di Indonesia sangat terbantu berkat sifat yang terbuka dari bank dan regulator. Bagi mereka yang konvensional, usaha Fintech dapat dianggap kunci kehancuran bidang perbankan. Namun, bukan seperti itu. Usaha Fintech justru mampu berkolaborasi dengan baik bersama bank. Keterlibatan usaha Fintech dengan sistem perbankan Indonesia juga memperlebar jaringan layanan keuangan bagi penduduk lokal, sehingga nasabah semakin banyak dan inklusi finansial di Indonesia semakin berkembang. Hal ini juga tentu akan sangat baik bagi perkembangan produk keuangan di Indonesia yang saat ini relatif rendah.

  • Pengertian Fintech
Banyak sekali dari kita senang sekali melakukan transaksi - transaksi Online dengan teknologi terkini, namun tidak sedikit juga yang tidak tahu jika ditanya apa itu Fintech. Fintech Berasal dari kata Financial (Keuangan) dan Technology (Teknologi) yang berarti segala transaksi transaksi keuangan yang menggunakan teknologi terkini. Fintech sangat membantu kita dalam bertransaksi seperti biasanya tanpa harus bertemu, dan juga tak perlu khawatir akan bukti - bukti transaksi (resi, kwitansi, dll) karena Fintech sudah mencatat dan menyimpan data data hasil transaksi online yang kita lakukan.

Fintech sangat digemari oleh para pembisnis, dikarenakan penggunaannya yang sangat mudah dan tidak merepotkan. Fintech juga sangat digemari oleh masyarakat umum karena mempermudah untuk membeli barang barang yang disukai ataupun barang barang sehari - hari, tidak perlu repot repot memanaskan mobil untuk keluar, atau menyiapkan tas yang besar untuk menopang barang belanja, kini dengan bantuan Fintech hanya perlu membuka internet dan kita bisa memesan seluruh barang yang kita inginkan. Sekarang kita akan melihat apa saja jenis jenis dari Fintech ini.

Sekarang, Pembaca sudah mengerti kan tentang pengertian Fintech? jika belum, yuk kita lanjutkan ke bagian Jenis - Jenis Fintech!

  • Jenis - Jenis Fintech
Fintech tidak hanya untuk kegiatan bisnis saja lho, namun Fintech memiliki jenis - jenisnya, yaitu
  • Crowdfunding dan peer to peer landing
Crowdfunding adalah jenis Fintech yang sering sekali kita ketahui, Crowdfunding sangat membantu kita mendanai sebuah karya ataupun mendanai korban bencana, dan lain lain.
Peer to Peer (P2P) Landing adalah jenis fintech yang menawarkan pinjaman uang untuk membantu masyarakat dengan mudah, khususnya Masyarakat yang menjalankan UMKM dan tak perlu memiliki rekening bank.

  • Market Agregator
Fintech pada jenis ini berperan sebagai pembanding produk keuangan yang dimana Fintech tersebut akan mengumpulkan data - data keuangan yang nantinya akan dijadikan referensi oleh pengguna.

  • Risk and Investment Management
Fintech jenis ini memiliki fungsi sebagai Financial Planner atau bisa disebut perencanaan keuangan, pengguna akan dipermudah dalam mendapatkan produk investasi yang paling cocok. Fintech jenis ini juga terdapat manajemen aset, dimana Fintech membantu jalannya suatu usaha menjadi lebih terarah namun lebih praktis.

  • Payment, Settlement dan Clearing
Fintech jenis ini menawarkan fungsi yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu fungsi payment gateway dan e-wallet. adanya payment gateway ini, kita akan bisa memilih metode pembayaran yang kita inginkan. e-wallet atau yang kita sebut dompet elektronik juga termasuk kedalam jenis Fintech ini, tak perlu repot repot untuk mengeluarkan banyak uang kertas karena e-wallet adalah uang elektronik yang juga dapat dipakai untuk bayar membayar atau bertransaksi pada umumnya.

Masih penasaran ya sama Fintech? hehe... yuk kita lihat contoh dari perusahaan Fintech!

  • Aktivaku
Aktivaku adalah sebuah financial technology platform yang menjadi market place untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan pendanaan dengan pihak yang bersedia memberikan pendanaan melalui sebuah mekanisme yang aman dan transparan.
Aktivaku adalah platform peer to peer lending beragunan. Aktivaku mempertemukan pemilik agunan/aset (pribadi ataupun entitas) yang membutuhkan pendanaan dengan para pemilik dana di luar sistem perbankan.
Alhamdulillah materi Fintech sudah selesai. Sudah mengerti kan apa itu Fintech? Tinggalkan komentar kalian ya untuk membantu saya memecahkan semua pertanyaan yang tidak terlontarkan... Assalamu'alaikum wr. wb.

  • Referensi
https://www.finansialku.com/definisi-fintech-adalah/ (diakses pada tanggal 18 Oktober 2018)
https://en.wikipedia.org/wiki/Financial_technology (diakses pada tanggal 18 Oktober 2018)
https://aktivaku.com/apa-itu-aktivaku/ (diakses pada tanggal 20 Oktober 2018)
https://aktivaku.com/cara-kerja/ (diakses pada tanggal 20 Oktober 2018)

You Might Also Like

1 comments

  1. Terimakasih banyak, sangat membantu saya untuk mengerti arti dari fintech

    ReplyDelete

Follow IG @haidarfaqihfadhilah