Samsung Value Chain

https://cdn.dribbble.com/users/238469/screenshots/1104725/android-phone-_s4-and-htc-one_-psd.png Firm Infrastructure Kantor Pusat Sam...

https://cdn.dribbble.com/users/238469/screenshots/1104725/android-phone-_s4-and-htc-one_-psd.png
  • Firm Infrastructure
Kantor Pusat Samsung berada di Seoul, Korea Selatan dan memiliki banyak sekali pabrik perakitan yang tersebar di seluruh dunia.
  • Human Resource
Tahun 2013, Samsung memiliki sekitar 427.000 orang karyawan di seluruh dunia. Salah satu sistem pendidikan yang dijalankan Samsung adalah sistem “Spesialis Lokal”. Sistem ini merupakan kursus untuk perkembangan SDM global dengan cara mengirim pegawai ke luar negeri, yang bekerja selama lebih dari 3 tahun melalui penelitian tentang bahasa dan lingkungan social serta budaya setempat. Materi pembelajaran bermacam-macam, antara lain pendidikan SVP (Samsung Shared Value Program), SLP (program pengembangan manajer tingkat tinggi) dan SGP (program pengembangan SDM global).

  • Technology Development
Pengembangan Samsung untuk hasil produksinya terbilang sangat Inovatif. Samsung kini sudah bukanlah pengikut dari perusahaan pencipta teknologi lain lagi, melainkan sebuah pusat tren masyarakat seluruh dunia.
  • Inbound Logistic
Samsung memiliki 579 pemasok secara global dan rantai pasokan perusahaan mencakup lebih dari 2700 pemasok di berbagai industri di seluruh dunia.Sebagian besar pemasok bertempat di Asia dikarenakan lebih dari 70% biaya pasokan terjadi di Asia (dikutip dari https://research-methodology.net/samsung-value-chain-analysis-5/)

  • Operation
Operasional Samsung dibagi menjadi tiga divisi, yaitu:
  1. IT & Mobile Communications (IM)
  2. Consumer Electronics (CE)
  3. Device Solutions (DS)
Produk Produk yang dihasilkan adalah, 
  1. Flash Drive
  2. Home Electronic
  3. Mobile Device
  4. Computer Device
  5. Electronic Music Device
  • Outbound Logistic
Samsung Electronic Logitec adalah pemeran penting dalam operasi Outbound Logistic. Samsung Electronic Logitec melakukan berbagai operasi logistic seperti negosiasi pengumpulan pembayaran atas nama Samsung dan menangani klaim asuransi.
  • Marketing and Sales
Pemasaran dan Penjualan sebagai kegiatan utama bertujuan untuk menyalurkan perhatian segmen pelanggan sasaran ke keuntungan kompetitif yang dirasakan dari merek yang terkenal dengan kualitas kuakitas tinggi.
  • Service
Samsung selalu mencoba memberikan layanan pelanggan dengan standar tertinggi untuk mencapai atau mempertahankan tingkat kepuasan konsumen yang tinggi.



  • Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Samsung_Electronics (diakses pada tanggal 16 November 2018)

You Might Also Like

0 comments

Follow IG @haidarfaqihfadhilah